Coretanku

Tempatku Berbagi…

gnome-globalmenu, Mac-style menu bar di Ubuntu

Ingin punya tampilan menu bar yang bisa seperti punyanya Mac itu? gnome-globalmenu solusinya.. hehehe.. Yah gnome-globalmenu merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat style menu bar berada pada panel, jadi kaya’ gini ni ntar tampilannya:

gimana keren ga’.. ingin tau cara installnya ga?? gini ni caranya:
syaratnya cuman komputer harus konek ke internet, tetapi kalo kaga’ konek bisa pake file tarbals-nya koq, ntar di kompile sendiri..
Kalo komputer udah konek ke internet tinggal tambahkan repository ini ni ke source list:

deb http://ppa.launchpad.net/globalmenu-team/ppa/ubuntu lucid main
deb-src http://ppa.launchpad.net/globalmenu-team/ppa/ubuntu lucid main

cara nambahinnya udah tau kan?? kalo belom ketik aja di terminal perintah

sudo gedit /etc/apt/sources.list

kemudian baru tambahkan repository di atas. Trus kalo udah ditambahkan update repositorynya dengan perintah:

sudo apt-get update

tunggu sebentar sampe selesai dan kemudian tinggal install deh dengan perintah

sudo apt-get install gnome-globalmenu

tunggu hingga proses instalasi selesai. kalau udah kemudian tambahkan gnome-globalmenunya pada panel, caranya klik kanan pada panel trus pilih Add to panel pilih Global menu panel applet udah deh tinggal logout user kemudian login lagi udah muncul tu tampilan kaya’ punyanya Mac..

udah sekian ja ya, semoga bermanfaat… satu lagi go Open Source… hehehe..

Advertisements

2 responses to “gnome-globalmenu, Mac-style menu bar di Ubuntu

  1. gusti June 1, 2010 at 12:34 pm

    nice post gan…

    eh, kl masih pake ubuntu 9.04, cara menambahkan source listnya gimana???

    t’kiyu gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: