Coretanku

Tempatku Berbagi…

Category Archives: Jaringan

Xampp for Linux

Yah,, web server (PHP, MySQL, Apache) yang udah kebundle jadi satu apalagi kalo bukan xampp. Jadi kalo mau main-main server lokal gak usah ribet install satu-satu tinggal ekstrak trus jalankan deh,, udah kelar tu web server lokalnya. Untuk Xampp di Linux dapat didownload di http://www.apachefriends.org/en/xampp.html diweb itu udah komplit. Xampp juga menyediakan untuk beberapa distribusi untuk Linux, Windows, Open Solaris, dan juga Mac OS X tinggal download dah pokoknya.
Untuk installnya kalo di Windows tu kan tinggal klik exenya aja, tapi kalo di linux tinggal ekstrak aja, ekstraknya juga harus di direktori /opt/ kalo kagak, dijamin ga’ bakalan jalan dah. Untuk perintah ngekstraknya dapat digunakan

$ sudo tar -zxvf xampp-linux-1.7.2.tar.gz -C /opt

nah udah gitu aja, ntar kalo mau menjalankan tinggal masuk ke direktori /opt (dari terminal nih) kemudian ketik perintah ./lampp <action>. Untuk actionnya ada beberapa pilihan ada start (menjalankan semua service), stop (menghentikan service), reload (reload service), pokoknya ada banyak deh pilihannya, baca aja sendiri help-nya. O ya tadi kalo mau menjalankan ketikkan saja

$ sudo ./lampp start

udah gitu aja, (perintah di atas diasumsikan jika user udah masuk di direktori /opt/lampp), web server langsung jalan dan bisa digunakan tuh. Kalo sukses dijalankan ntar ada tulisan kaya’ gini di terminal.

Starting XAMPP for Linux 1.7.2…
XAMPP: Starting Apache with SSL (and PHP5)…
XAMPP: Starting MySQL…
XAMPP: Starting ProFTPD…
XAMPP for Linux started.

udah sekian aja ya nyoretnya,, semoga bermanpaat.

Aplikasi Backtrack nangkring di Ubuntu

Backtrack, ada yang belum kenal? Backtrack merupakan salah satu distro linux yang ditujukan untuk keamanan dan jaringan. Offensive Security sebagai pengembang distribusi Linux Backtrack telah merilis Backtrack versi terbaru yaitu Backtrack 4 final yang berbasis pada Ubuntu dengan codename “pwnsauce”.

Banyak sekali aplikasi-aplikasi dari Linux Backtrack yang berhubungan dengan keamanan dan jaringan, antara lain: Scanner, sniffer(Wireshark,ettercap),Port Scanner (nmap), dan lain sebagainya, banyak dah pokoknya bahkan sampe program buat bobol password (password cracker), untuk analisa WLAN, Bluetooth, penganalisis VOIP.. pokoknya Backtrack menang dah kalo soal aplikasi-aplikasi security. Read more of this post

Google DNS, antara keamanan dan kecepatan

Google, siapa yang tidak kenal dengan layanan internet yang satu ini. Semuanya sudah pada kenal, banyak sekali layanan-layanan yang diberikan oleh google mulai yang gratis sampe kita dapat bayaran darinya misalnya google mail, google search, blog, maps, adsense, dll dah dan yang baru Google DNS.

Google DNS, apa fungsinya?? untuk mengetahui fungsinya harus diketahui dulu DNS itu sendiri, DNS (Domain Name System) merupakan distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang menggunakan TCP/IP (lebih jelas tentang DNS, klik disini). Nah, dari pengertian singkat tersebut dapat diketahui bahwa DNS merupakan hal penting untuk koneksi ke internet, tanpa adanya DNS kita tidak dapat online. Google DNS menyediakan layanan DNS yang dapat digunakan secara gratis.

Read more of this post