Coretanku

Tempatku Berbagi…

Linux Day di AMIKOM

Kegiatan yang mantep ni, Linux day…. ga boleh ketinggalan ni.. hehehe

Advertisements

Xampp for Linux

Yah,, web server (PHP, MySQL, Apache) yang udah kebundle jadi satu apalagi kalo bukan xampp. Jadi kalo mau main-main server lokal gak usah ribet install satu-satu tinggal ekstrak trus jalankan deh,, udah kelar tu web server lokalnya. Untuk Xampp di Linux dapat didownload di http://www.apachefriends.org/en/xampp.html diweb itu udah komplit. Xampp juga menyediakan untuk beberapa distribusi untuk Linux, Windows, Open Solaris, dan juga Mac OS X tinggal download dah pokoknya.
Untuk installnya kalo di Windows tu kan tinggal klik exenya aja, tapi kalo di linux tinggal ekstrak aja, ekstraknya juga harus di direktori /opt/ kalo kagak, dijamin ga’ bakalan jalan dah. Untuk perintah ngekstraknya dapat digunakan

$ sudo tar -zxvf xampp-linux-1.7.2.tar.gz -C /opt

nah udah gitu aja, ntar kalo mau menjalankan tinggal masuk ke direktori /opt (dari terminal nih) kemudian ketik perintah ./lampp <action>. Untuk actionnya ada beberapa pilihan ada start (menjalankan semua service), stop (menghentikan service), reload (reload service), pokoknya ada banyak deh pilihannya, baca aja sendiri help-nya. O ya tadi kalo mau menjalankan ketikkan saja

$ sudo ./lampp start

udah gitu aja, (perintah di atas diasumsikan jika user udah masuk di direktori /opt/lampp), web server langsung jalan dan bisa digunakan tuh. Kalo sukses dijalankan ntar ada tulisan kaya’ gini di terminal.

Starting XAMPP for Linux 1.7.2…
XAMPP: Starting Apache with SSL (and PHP5)…
XAMPP: Starting MySQL…
XAMPP: Starting ProFTPD…
XAMPP for Linux started.

udah sekian aja ya nyoretnya,, semoga bermanpaat.

Crack rar, zip, 7z archive dengan RarCrack

Ini koq bisa nge-post kayak gini pada mulanya karena pada mulanya download-download materi-materi java dan nemuin tu materi yang kaya’nya bagus. Filenya itu tu formatnya .rar pas tak buka eh ternyata tuh file di kasih password,, :(, ngeselin banget dah. Gak mau nyerah begitu aja, langsung deh tancap gas menuju mbah google, dan nemuin tuh software buwat nge-crack password file kompresi winrar itu, namanya rarcrack versi 0.2, udah lalu cari tau gimana cara ngegunainnya dan ternyata… duer… bisa cuy….
Nah,, bagi temen-temen yang punya file kompresi winrar dan tuh file dipassword dan ga’ tau password buat bukanya, maka dapat menggunakan cara tersebut buat buka tuh file.. caranya gini nih, lanjut baca bagi yang pengen tau..hehe
langkah pertama download dulu tuh aplikasinya.. disini ni.

Read more of this post

Download website dengan httrack

Kemarin browsing cari-cari artikel java, dan ketemu tuh website java.lyracc.com yang menurutku bagus, ilmunya buanyak tentang java. Nah kepikiran bagemana caranya nyimpen tuh semua halaman website sehingga dapat dibaca secara offline, kalo mau nge-save-in satu-per satu gak mungkin bangetkan, banyak banget soalnya,, kemudian cari cara lain dan pertamanya pake add-ons firefox, down-them-all itu tapi agak kurang sreg dan kemudian cari-cari dan ketemu tuh httrack.

httrack merupakan aplikasi buat download halaman web “HTTrack website copier” yah dengan itu akhirnya dapat juga baca artikel-artikelnya secara offline, untuk install httrack udah ada dalam repository, tinggal di apt-get aja ato kalo tidak bisa lewat Synaptic package manager dan search httrack pasti ketemu dah.

untuk menggunakannya tinggal ketik aja di terminal httrack

$ httrack

ntar dari situ muncul wizard-nya kuq, jadi tinggal ngikutin aja, kemudian tinggal tunggu dan selesai deh tinggal baca tu isi webnya tanpa harus konek ke internet..

Liburanku diisi dengan JAVA

Yah, selepas ujian kan kalo di SD sampe STM pasti nunggu remidian, ada ato ga’ habis itu terima raport trus libur deh, tapi kalo kuliah ni habis ujian langsung bayar + liburan. Liburan tempetku lumayan agak lama kalo diitung-itung kira-kira 2 minggu-an. Nah, sejak masih ujian itu tuh udah mikir-mikir besok kalo libur ngapain ya, dan ternyata pikiranku nyantol pada satu kata “JAVA”.

Yah karena ingin sekali memahami dan juga bisa programming JAVA, niatku udah bulat tuh, besok pas libur harus bener2 belajar JAVA. Liburanpun tiba (wezz kaya cerpen ae..:D) dan hari-hariku selama liburan ditemenin sama yang namanya “JAVA” itu.

Ilmu pertama dari JAVA itu mengenal apa itu JAVA, kemudian tipe-tipe data, struktur kontrol dll dah, yang dasar-dasar programming itu tuh, kemudian sesudah agak mulai susah saat masuk ke konsep OOP-nya, yah walaupun susah pahami ajalah, pasti bisa kalo ada niat+kemauan… yakinlah..

Lanjut, saat masuk ke contoh, contoh pertama “Hello World”, biasalah kalo programming itu yang dipelajari pertama adalah Hello World, kenapa yah??? tanya kenapa??.. yang sintaknya kaya’ gini ni

public class Hello{
public static void main(String[] args){
System.out.println(“Hello World”);
}
}

Nah, kemudian dikompile dan dijalankan dah tu code, dan yang tampil sudah seperti apa yang kalian bayangkan “Hello World”,,:D.

Dan begitulah selama liburan semester pertama tersebut aku gunakan untuk belajar JAVA, o iya sekedar informasi kalo mau pake softwarenya bisa download Java dan Netbeans. Semoga apa yang kulakukan saat liburan ini bermanfaat .. amiin…

Akhirnya kelar juga

Yah, UAS (Ujian Akhir Semester) untuk semester pertama kelar juga. Setelah dua minggu, bekerja keras menguras otak (wuezeh, basane ngeri dab.. :D) untuk mengerjakan soal-soal ujian. UAS yang dimulai tanggal 25 Januari 2010 tersebut selesai hari ni tanggal 5 Februari 2010. Cukup lama memang karena satu hari hanya buat satu mata kuliah.

UAS yang paling sulit menurutku itu mata kuliah apa ya, semuanya sih bisa tapi ga tau tuh bener pa ga’.. hehehe, yang penting dikerjain dulu lah, masalah bener ato tidak itu urusan belakangan yang penting usaha dulu.. huuh hura. Oh huuh ada satu mata kuliah yang dosennya..kesetnya minta ampun.. masa’ dalam satu semester cuman masuk ga’ sampe 6 kali pertemuan,, kebuangetan tenan tuh dosen, mata kuliahnya aljabar linear & matriks.. (dosennya ga’ disebutin, ntar ndak bikin masalah lagi), tapi ya mau gimana lagi itu udah berlalu, yah semoga aja itu yang pertama dan terakhir nemuin dosen seperti itu… amiin..

Yah, semoga apa yang kudapat selama satu semester menjalani kuliah di STMIK AMIKOM Yogyakarta ini bermanfaat, barokah dan diridhoi Allah SWT.. amiin. dan semoga nilai IPK-ku bagus.. amiin juga..

Aplikasi Backtrack nangkring di Ubuntu

Backtrack, ada yang belum kenal? Backtrack merupakan salah satu distro linux yang ditujukan untuk keamanan dan jaringan. Offensive Security sebagai pengembang distribusi Linux Backtrack telah merilis Backtrack versi terbaru yaitu Backtrack 4 final yang berbasis pada Ubuntu dengan codename “pwnsauce”.

Banyak sekali aplikasi-aplikasi dari Linux Backtrack yang berhubungan dengan keamanan dan jaringan, antara lain: Scanner, sniffer(Wireshark,ettercap),Port Scanner (nmap), dan lain sebagainya, banyak dah pokoknya bahkan sampe program buat bobol password (password cracker), untuk analisa WLAN, Bluetooth, penganalisis VOIP.. pokoknya Backtrack menang dah kalo soal aplikasi-aplikasi security. Read more of this post

PIXMA IP1700 di Karmic Koala

Akhirnya, setelah lama cari-cari driver printer tuaku canon pixma ip1700 ketemu juga. Ternyata Canon PIXMA IP1700 dapat memakai drivernya canon PIXMA IP1900 ato 1800.untuk drivernya dapat didownload disini. Sebenernya ada software yang sudah menyediakan buanyak sekali driver berbagai macam printer buat linux yaitu turboprint, tapi sayangnya itu kudu bayar, yah tau sendiri lah, orang indonesia sukanya yang gratis-gratis.-:p, (ga semuanya loh)..
O ya ga usah banyak bacrot lah, langsung aja ni caranya kalo ente-ente sekalian bingung gimana caranya install printer di karmic koala.
Langkah pertama download dulu drivernya, disini, kalo udah install dengan perintah dpkg-i, dengan terlebih dahulu masuk ke direktori filenya.

$ sudo dpkg -i *.deb

Kalo udah hidupkan printer plus colokkan ke pc/laptop, kalo udah ya tinggal install dah tu printer melalui menu System >> Administration >> Printing. Trus kalo pilih new >> Printer dan pilih printer yang udah kedetect di situ. selanjutnya akan diminta untuk memasukkan driver (ppd-nya), pilihlah “Provide PPD File”, trus bagian bawah klik dan pilihlah di folder “/usr/share/cups/model/canonip1900.ppd” udah trus dipilih, klik Open, trus lanjut sampe selesai. Udah gitu aja install drivernya..

Udah segini aja ya,, semoga coretan yang sedikit ini bermanfaat.

Google DNS, antara keamanan dan kecepatan

Google, siapa yang tidak kenal dengan layanan internet yang satu ini. Semuanya sudah pada kenal, banyak sekali layanan-layanan yang diberikan oleh google mulai yang gratis sampe kita dapat bayaran darinya misalnya google mail, google search, blog, maps, adsense, dll dah dan yang baru Google DNS.

Google DNS, apa fungsinya?? untuk mengetahui fungsinya harus diketahui dulu DNS itu sendiri, DNS (Domain Name System) merupakan distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang menggunakan TCP/IP (lebih jelas tentang DNS, klik disini). Nah, dari pengertian singkat tersebut dapat diketahui bahwa DNS merupakan hal penting untuk koneksi ke internet, tanpa adanya DNS kita tidak dapat online. Google DNS menyediakan layanan DNS yang dapat digunakan secara gratis.

Read more of this post

Karmic Koala, Compiz, Emerald dan Screenlets, betapa indahnya

Ubuntu, merupakan distro linux yang paling ku sukai, muantaf dah bro, mulai dari aplikasi, tampilan, de el el dah pokoknya. Semua sistem operasi tidak dapat terlepas dari yang namanya tampilan ato appearance ato apa itu namanya. Kalo di Win**** tampilannya itu-itu aja bisa diutak-atik tapi tambah lelet, kalo di Mac sudah tidak akan dibahas karena wow bangets dah,, tapi kalo di Linux Ubuntu Karmic Koala nih,, menurutku tidak kalah deh dengan yang namanya Mac, ato Snow Leopard, dengan menambahkan aplikasi aplikasi seperti Compiz, Emerald, Screenlets, AWN dll.

Compiz merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengkonfigurasi efek-efek itu, misalnya bentuk 3D, gambah api, hujan/air, blur dll, buanyak banget pilihannya. Trus kalo Emerald digunakan untuk bordernya, Screenlets untuk widgetnya dan AWN untuk docknya,, dengan ditambah wallpaper, icon dan font yang mendukung pokoknya dah mantap banget tuh.

Read more of this post